Monday 31 August 2015

Makanan yang harus dihindari saat MENSTRUASI

Menstruasi kerap menimbulkan berbagai macam keluhan. Seperti sakit perut hingga gangguan mood. Menurut, konsultan Nutrisi, Ria Amelia, hal tersebut umumnya disebabkan oleh asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika menstruasi.

Untuk itu, Ria menganjurkan untuk memperhatikan asupan makanan saat menstruasi. Berikut asupan yang harus dihindari ketika menstruasi.

1. Kopi
Kaya akan kafein membuat tubuh menjadi dehidrasi. Sementara saat menstruasi, daya tahan tubuh menurun, jika mengonsumsi kafein maka bisa membuat tubuh semakin lemas, sakit kepala hingga penyempitan pembuluh darah.

2. Gorengan
Gorengan memicu meningkatkan hormon esterogen dan menambah kram perut. "Tidak disarankan mengonsumsi banyak minyak, gorengan terutama di awal masa menstruasi," papar Ria saat peluncuran Hawa di Resto Bunga Rampai, Jakarta.

3. Makanan Olahan
Makanan olahan mengandung sodium tinggi. Hal ini menyebabkan mengganggu penyimpanan air dalam tubuh dan membuat tubuh merasa sakit. "Makanan olahan seperti kornet, keju, kecap dan yang mengandung MSG sebaiknya tidak dikonsumsi," jelasnya.

4. Makanan yang Kaya akan Gula
Mengonsumsi banyak gula, berpengaruh terhadap emosi. Pasalnya, konsumsi gula memicu perasaan menjadi mudah marah, dan tersinggung. Untuk itu hindari konsumsi gula ketika menstruasi.


source: http://lifestyle.sindonews.com/read/1038940/155/menstruasi-hindari-makanan-ini-1441003474

No comments:

Post a Comment